Digitalisasi Pelayanan Kesehatan di Lombok Barat: Kemudahan dan Kecepatan bagi Pasien
Labulianews.id (11/12/2025)- Pelayanan kesehatan di Kabupaten Lombok Barat semakin maju dengan penerapan sistem digitalisasi oleh Dinas Kesehatan setempat. Sistem ini diterapkan mulai dari layanan administrasi di Puskesmas hingga proses rujukan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gerung, membawa perubahan signifikan yang dirasakan langsung oleh pasien dan keluarganya.
Mutaal, pasien dengan penyakit saraf, berbagi pengalamannya menggunakan sistem pelayanan kesehatan berbasis digital kepada media (11/12). "Dengan sistem digital ini, semua proses administrasi jadi lebih cepat dan lancar. Kami tidak lagi harus mengantre lama atau mengisi berkas manual yang membuat waktu terbuang. Hal ini sangat membantu, terutama ketika harus melakukan rujukan ke rumah sakit," ujarnya.
Siti Khadijjah, pasien penyakit mata, juga merasakan manfaat digitalisasi ini. "Admistrasinya sudah tidak ribet, cukup bawah KTP, menyerahkan surat rujukan tanpa ada berkas lainnya dan mengikuti arahan petugas selanjutnya," ungkapnya.
Namun, Herman, warga Kediri, berharap pelayanan Rumah Sakit Gerung dapat ditingkatkan lagi, terutama dalam hal tutur sapa terhadap pasien atau keluarga pasien. "Tata cara bertutur sapa petugas pelayanannya di tingkatkan agar dalam berkomunikasi dengan pasien lebih baik lagi," harapnya.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat dalam sebuah kesempatan menegaskan komitmennya untuk terus mendorong pemanfaatan teknologi demi meningkatkan kenyamanan dan kualitas layanan bagi masyarakat. Sementara itu, RSUD Gerung turut berinovasi dengan mengimplementasikan sistem pelayanan digital.
"Sistem digital memungkinkan pasien melakukan pendaftaran, pemeriksaan, hingga pengambilan hasil secara lebih efisien dan mandiri. Kami ingin agar pasien tidak hanya dilayani, tapi juga diberi kemampuan mengakses layanan kesehatan secara mandiri melalui teknologi," jelas Direktur RSUD Gerung.
Dengan kemudahan ini, diharapkan pelayanan medis di RSUD Gerung semakin prima dan mampu menjangkau lebih banyak masyarakat, memberikan pengalaman yang nyaman dan aman bagi seluruh pasien. (ms)

